«

»

May
03

Implementasi Aplikasi Antivirus Berbasis python-fuse dan Clamav pada Sistem Operasi Unix

ABSTRAKSI :

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.

Perkembangan open source telah membawa dunia Teknologi Informasi (TI) memasuki era baru termasuk aplikasi anti-virus, dengan mudah dapat kita jumpai aplikasi ini dalam bentuk open source. Salah satunya adalah CalamAV. Source code, library, dan update-nya dapat diperoleh dengan mudah dan gratis.

Selain aplikasi anti-virus, dunia open source juga merambah open filesystem, salah satunya adalah FUSE (Filesytem in UserSpace). Dengan dikembangkannya interface FUSE, diharapkan pengguna mampu menggunakan fasilitas yang disediakan oleh system operasi tanpa bantuan super user, melainkan hanya menggunakan otoritas yang dimilikinya. Dengan memanfaatkan fitur-fitur FUSE diatas sebagai scanning cache, serta adanya library dan update ClamAVyang gratis. Maka aplikasi anti-virus yang memanfaatkan library ClamAV dan berbasis PythonFUSE dapat dikembangkan. Sehingga gangguan pada pengimplementasian TI sehari-hari, terutama Karena avirus dapat dikurangi

PENULIS :

Farchan Abdi Pahar, Wahyu Suadi, S.Kom, MM, M.Kom, Bagus Jati Santoso, S.Kom

Enhanced by Zemanta

2 comments

No ping yet

  1. johan says:

    saya telah terdaftar menjadi salah satu peserta acara ini, beberapa hal yang ingin saya tanyakan adalah :

    1. apakah peserta harus menggunakan linux serta telah mendownload library ClamAV ?
    2. kegiatan apa saja yang akan dilakukan ketika seminar (mengingat ada permintaan untuk membawa laptop)
    3. persiapan apa saja (software) yang harus di instalasikan ke laptop agar dapat mengikuti kegiatan ini ?

    terima kasih

    1. administrator says:

      Yth Johan,

      Untuk mengikuti seminar dan training, tidak harus membawa laptop. Apabila anda ingin membawa laptop, yang dibutuhkan untuk training secure coding hanya compiler C.

      Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>